Manfaat Jamur Abadi Lingzhi

Nama ilmiahnya Ganoderma lucidum. Ganos berarti cemerlang dan dermo bermakna kulit. 'Ganoderma berarti kecemerlangan kulit yang istimewa,' kata dr Dripa Sjahbana M. Kes, pakar kesehatan dari Universitas Airlangga, Surabaya. Itu sebabnya kaisar Shi Huang Tie (259-210 SM) mengkonsumsi ling zhi setiap hari agar awet muda. Dua ribu tahun kemudian, fakta itu terungkap, ling zhi mengandung senyawa antipenuaan.
Penemu senyawa itu adalah Chung Chee-Keung, peneliti dari Universitas Hongkong. Ia mengecambahkan spora jamur Ganoderma lucidum berukuran 10-12 mikrometer. Dengan metode supercritical fl uid-carbon dioxide bersuhu 32-45oC, dihasilkan senyawa antipenuaan. Senyawa berupa polisakarida itu mirip krim transparan dan tak berbau saat diuji ke kulit manusia. Efeknya terbukti melembutkan kulit, menurunkan jumlah keriput, menurunkan pembengkakan, mencerahkan warna kulit, dan mengurangi iritasi.
Xie Shaoqiong dari Departemen Dermatologi, Second Military Medical University, China meyakini efektivitas larutan ganoderma sebagai antipenuaan. Xie menguji coba ke sel HaLa keratinosit yang berhubungan dengan pertumbuhan sel kulit dan penuaan. Ia merendam sel kulit dengan polisakarida asal ling zhi. Sel kemudian diekstrak dengan larutan trizol untuk melihat DNA (deoxiribonucleic acid) dan RNA (ribosanucleic acid) yang dipindai komputer. Hasilnya, dari 18.346 gen yang diteliti, polisakarida ling zhi mampu meningkatkan pertumbuhan sel dan melawan efek penuaan.
Melanin Riset Kenji Sakamoto dari Sakamoto Corporation, Jepang meneguhkan khasiat ling zhi. Kenji menemukan senyawa ergosteron dan ganoderol B menekan sintesis melanin pada sel melanoma kulit. Dengan konsentrasi 2 ml, produksi melanin 75% turun. Itu diperoleh setelah mengkultur sel kulit yang memproduksi melanin pada piring kaca. Ekstrak ganoderma diberikan dan diinkubasi selama 3 hari. Hasilnya, kulit menjadi lebih cerah dalam satu minggu.
Saat presentasi di Jakarta, Kenji menyarankan menggunakan krim ganoderma untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam dan mengeriput agar kembali elastis dan cerah. Selain itu, jika krim ganoderma rutin digunakan berefek menghambat kendurnya elastisitas kulit akibat penuaan.
Menurut dr Erijanti SpKK, pakar kecantikan di Jakarta, 'Wujud penuaan bisa berupa warna kulit yang lebih hitam, berkeriput akibat produksi kolagen dan asam hyaluronat menurun, kusam, bahkan adanya bercak-bercak cokelat kehitaman yang disebut melasma. Bila tidak segera ditangani, bercak-bercak hitam yang umumnya terjadi pada wanita itu bisa makin meluas,' kata dr spesialis kulit dan kelamin itu. Kulit dijaga akan sehat. Kulit sehat menjadi cerminan kondisi tubuh sehat. Sebaliknya, kulit kusam dan kurang bercahaya indikasi kondisi tubuh menua.
Penuaan berarti organ tubuh menjadi kendur dan menurun fungsinya dalam menjalankan metabolisme. Jika begitu, penyakit pun mudah menjangkiti. Yihuai Gao, periset Institut Nutrisi dan Kesehatan Masyarakat, Massey University, Selandia Baru, menyarankan rutin mengkonsumsi ling zhi untuk merawat dan menjaga kekebalan tubuh. Sebab, hasil risetnya menyatakan efek imunomodulator ganoderma diperoleh dari kandungan polisakarida, khususnya ß-D-glucan, protein-ling zhi-8, dan triterpenoid.
Efek zat itu mengaktifk an sel penyebab kekebalan tubuh seperti limfosit, makrofag, dan sel pembunuh alami. Kesimpulan senada diungkapkan Xiao-Ling Zhu dari Departemen Farmakologi, Peking University Health Science Centre, Beijing, China. Uji praklinis pada mencit menunjukkan polisakarida pada Ganoderma lucidum mampu meningkatkan respon proliferasi sel T dan sel B. Kedua sel itu berperan dalam sistem kekebalan tubuh melawan berbagai penyakit akibat penuaan.
Merosot Manifestasi penuaan paling terlihat pada organ otak. Studi di Amerika Serikat mengungkap susunan otak makin merosot seiring pertambahan usia, meski secara fi sik orang tampak sehat. Perubahan susunan otak itu berakibat terjangkitnya alzheimer. Alzheimer, penyakit degeneratif otak dengan kondisi sel-sel rusak dan mati. Penyakit ini menyebabkan kepikunan atau demensia, terganggunya fungsi-fungsi daya ingat, berbahasa, berpikir, dan berperilaku. Alzheimer menjadi momok kelompok usia di atas 60 tahun.
Alzheimer dapat dicegah dengan mengkonsumsi ling zhi setiap hari sebagaimana dibuktikan Lai CS dan Yuen WH. Periset laboratorium Penyakit Degeneratif pada Jaringan Otak, Th e University of Hongkong itu mengatakan ganoderma efektif untuk pencegahan fungsi otak saat tua yang berefek pada alzheimer. Caranya dengan menekan laju penurunan densitas sinaptik protin yang bertugas dalam regenerasi otak. Penurunan jumlah itu diakibatkan beta amiloid.
Radang sendi, penyakit lain ketika usia menua. Tanda serangan artritis berupa persendian kaku dan nyeri apabila digerakkan. Persendian yang sakit berwarna kemerah-merahan, demam, dan kelelahan yang menyertai rasa sakit pada persendian. Li EK dari The Chinese University of Hongkong, membuktikan ling zhi menghambat radang sendi.
Ia meneliti 32 pasien radang sendi yang mengkonsumsi 4 g Ganoderma lucidum; 33 orang lainnya mengkonsumsi pil kosong selama 24 minggu. Hasilnya, intensitas nyeri pasien yang mengkonsumsi ganoderma berkurang. Itu juga telihat pada penanda pembengkakan interleukin plasma 18 kali lebih rendah.
Antidiabetes Selain urusan kulit, ling zhi terbukti mengatasi diabetes mellitus seperti hasil riset yang dilakukan Hui Na Zhang dari Departemen Farmakologi, Peking University, China. Zhang memberikan ekstrak ling zhi terhadap tikus normal selama 7 hari dengan konsentrasi 50 mg, 100 mg, dan 200 mg/bobot tubuh. Setelah 8 jam pemberian ekstrak ling zhi yang terakhir, tikus diinjeksi 60 mg/kg aloksan, peningkat kadar gula darah.
Dua puluh empat jam kemudian, pankreas tikus diambil. Pada tikus normal kadar gula darahnya 5,57 mmol/L dengan jumlah insulin 14,36 mIU/L. Tikus yang diinjeksi aloksan kadar gula darah melonjak menjadi 26,36 mmol/L dan jumlah produksi insulinnya turun menjadi 8,46 mIU/L.
Tikus yang diberi ling zhi sebanyak 50 mg dan 100 mg/bobot tubuh selama 7 hari, kadar gula darahnya tetap mirip tikus diabetes. Kadar gulanya 23,36 mmol, dan 22,39 mmol/L dengan jumlah insulin 9,31 mIU/L dan 9,29 mIU/L. Sedangkan tikus yang diberi ling zhi 200 mg/bobot tubuh, kadar gula darahnya rendah yaitu 15,09 mmol/L dengan produksi insulin tinggi yaitu 11,83 mIU/L.
Ganoderma menurunkan serum glukosa dan meningkatkan pelepasan insulin pada pankreas. Penelitiannya menandakan ganoderma bersifat hipoglikemik dengan mekanisme aktivitas pelepasan insulin melalui daur kalsium ke sel beta pankreas. Itu terlihat dari jumlah yang insulin yang dihambat oleh kedua asam tadi. Yang lebih penting, ling zhi juga mengandung antioksidan untuk mengatasi radikal bebas. Menurut Chung Chee-Keung, periset Fakultas Kedokteran, The University of Hongkong, antioksidan dalam ling zhi berupa superoksida dismutase (SOD) yang mengikat radikal bebas. Pemberian 0,5-10 gram ekstrak ling zhi cukup meningkatkan aktivitas SOD sekaligus testosteron. Itulah sebabnya konsumsi ling zhi sekaligus mengurangi sindrom menjelang masa andropause seperti pegal-pegal, anoreksia, jantung berdebardebar, iritasi, depresi, dan impotensi. Sekali makan ling zhi, tubuh terjaga dari penyakit dan menunda penuaan. (Vina Fitriani).

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.