Binahong, Si Misterius Kaya Khasiat

Ada cerita, dalam perang Vietnam beberapa dekade lalu, tentara Amerika terheran-heran, bagaimana bisa tentara Vietkong terlihat segar bugar meski sebelumnya terluka parah. Setelah ditelusuri, obat mujarab untuk menyembuhkan luka luar maupun dalam akibat tembakan maupun goresan senjata tajam adalah binahong.

Pengakuan serupa diungkapkan Umi, ibu rumah tangga yang baru saja melahirkan anak kedua melalui operasi caesar. Ia tahu binahong dari cerita teman yang memiliki pengalaman serupa.

"Aku minum kapsul binahong yang banyak dijual di toko obat Cina. Setelah minum tiga kapsul, luka bekas sayatan caesar mengering. Padahal, waktu anak pertama, luka operasi caesar lama keringnya," tuturnya.

Ramuan binahong, diyakini Umi, tidak hanya menyembuhkan luka dari dalam, tetapi juga membuat tubuhnya tetap bugar.

Hal serupa diungkapkan Andri (25 tahun). Andri selalu mengunyah tiga lembar daun binahong yang telah dicuci bersih setelah kerja lembur semalaman. "Pegal hilang, badan jadi segar lagi," ujarnya.

Hebatnya lagi, tidak perlu repot mencari tumbuhan binahong. Andri sengaja menanamnya, didalam pot di depan rumah. Dia juga memiliki koleksi tumbuhan obat seperti daun jinten, ginseng, handelen, dan sirih merah. Ibu-ibu dan remaja di lingkungannya biasa memasukkan daun binahong dan ginseng ketika merebus mi instan.

Belum Diteliti

Secara empiris beragam khasiat binahong telah diakui, tetapi tidak secara ilmiah. Meski tumbuhan ini cukup dikenal di negara Eropa maupun Amerika, para ahli di sana belum tertarik untuk mengurai materi kimia di dalamnya secara serius dan mendalam.

Namun, seperti diungkapkan dalam situs di luar negeri, tumbuhan yang juga dikenal dengan sebutan Madeira Vine ini dipercaya memiliki kandungan antioksidan tinggi dan antivirus. Kini tumbuhan ini masih diteliti meski dalam lingkup terbatas, seperti bagaimana efektivitasnya pada tikus percobaan.

Hasilnya cukup menjanjikan. Tikus yang disuntik ekstrak binahong memiliki tingkat daya tahan yang bagus. Indikatornya, agresivitas tikus dengan ekstrak binahong lebih bagus dibandingkan dan tidak mudah sakit.

Secara alami binahong atau Anredera Cordifolia seperti disebutkan dalam Wikipedia, merupakan jenis tumbuhan menjalar, berumur panjang (perenial), bisa mencapai panjang kurang lebih lima meter. Berbatang lunak, silindris, saling membelit, berwarna merah, bagian dalam solid, permukaan halus, kadang membentuk semacam umbi yang melekat di ketiak daun dengan bentuk tak beraturan dan bertekstur kasar.

Daunnya termasuk jenis tunggal, bertangkai sangat pendek (subsessile), tersusun berseling, berwarna hijau, bentuk jantung (cordata), panjang 5-10 cm, lebar 3-7 cm. Helaian daun tipis lemas, ujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), tepi rata, permukaan licin, dan aman untuk dikonsumsi.

Bunganya majemuk berbentuk tandan, bertangkai panjang, muncul di ketiak daun, mahkota berwarna krem keputih-putihan berjumlah lima helai tidak berlekatan, panjang helai mahkota 0,5-1 cm, berbau harum. Akarnya berbentuk rimpang, berdaging lunak.

Tanam Sendiri

Binahong lebih dikenal sebagai tanaman berkhasiat obat dari daratan Cina dengan nama asli Dheng San Chi. Maklum saja, kapsul serbuk binahong mudah didapatkan di toko obat Cina. Tumbuhan ini dikenal memiliki khasiat penyembuhan yang luar biasa dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Cina, Korea, dan Taiwan.

Tumbuhan ini mudah diperlihara dan cocok dengan iklim tropis Indonesia. Permintaan yang tinggi akan kapsul binahong, mendorong beberapa pihak untuk memproduksinya. Saat ini, kapsul binahong bermunculan di pasaran dalam berbagai merek.

Untuk menghindari produk palsu yang tentu saja khasiat dan keamanannya tidak dapat dipertanggungjawabkan, konsumen hendaknya memperhatikan secara seksama kemasannya. Perhatikan ada tidaknya registrasi resmi dari Badan POM atau hologram khusus yang menandai keasliannya.

Jika masih bingung dan ragu, tak ada salahnya menanam sendiri sekaligus melengkapi koleksi tanaman obat Anda di rumah. Selain mudah ditanam, seluruh bagian tanaman binahong, mulai dari akar, batang, hingga daunnya, bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Contoh Ramuan

Beberapa contoh ramuan binahong yang dapat Anda coba, di antaranya:

• Cara paling mudah memanfaatkan binahong adalah dengan merebusnya atau sebagai campuran saat memasak mi instan dan dimakan langsung sebagai lalapan. Tentu saja, terlebih dulu binahong dicuci bersih di air yang mengalir.

• Daun, akar, dan batangnya digunakan sebagai obat. Dapat memulihkan stamina yang loyo, meningkatkan vitalitas pria, menyembuhkan luka luar dan dalam. Pemakaian dalam: umbi binahong dicuci bersih, direbus, saring airnya. Minum 2-3 kali sehari untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, tifus. Bisa juga akar dikeringkan, ditumbuk halus, masukkan ke dalam kapsul, lalu diminum 3 kali sehari.

• Pemakaian luar: daun dan batang ditumbuk halus lalu dioleskan pada bagian yang sakit. Efektif menyembuhkan memar, rematik, pegal linu, nyeri urat, dan menghaluskan kulit.

• Agar bekas operasi caesar cepat kering, ambil akar binahong yang batangnya merah sebanyak 15 gram. Setelah dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum selagi hangat. Anda bisa menambahkan sedikit sereh atau gula batu bila suka.
Sumber: Senior

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.